Informasi Umum

Sejarah Perkembangan Rumah Sakit Ibu dan Anak Azzahra Palembang

Rumah Sakit Ibu dan Anak Azzahra (RSIA Azzahra) adalah Rumah Sakit milik swasta murni dibawah Yayasan Pintu Ilmu, yang berkedudukan di pusat Kota Palembang. RSIA Azzahra mulai dibangun tahun 2001 atas prakarsa dr. H. M. Zailani, Sp. OG sebagai penyandang dana tunggal, pembangunan fisik dibangun bertahap dengan penyelesaian tahap pertama pada bulan Februari 2002 dan penyelesaian tahap kedua pada Februari 2009. Dengan UU No 22 tahun 1999, Walikota Kota Palembang bersama Lembaga Legislatif Daerah telah mengesahkan Perda tentang izin mendirikan Rumah sakit di Kota Palembang, untuk ini izin operasional RSIA Azzahra telah didapatkan pada bulan Agustus 2002.

Pada tahun 2007, kepemilikan RSIA Azzahra berubah dari yayasan menjadi PT Pintu Ilmu, serta bersamaan dengan dibukanya 2 SBU baru yang secara bertahap akan menjadi bagian dari RSIA Azzahra, yaitu Klinik Reproduksi Azzahra dan Kusuma Azzahra Skin and Beauty Center. Pada tahun 2009 direncanakan penyelesaian gedung RSIA Azzahra, yang menambah 10 tempat tidur VIP dan VVIP. Saat ini, Rumah Sakit Ibu dan Anak Azzahra, bertekad untuk mengembangkan diri sebagai  salah  satu  lembaga kesehatan yang khusus memberikan pelayanan “Kesehatan Paripurna Kepada Anak Dan Perempuan”.

Lokasi

Rumah Sakit Ibu dan Anak Azzahra  Palembang adalah rumah sakit yang terletak disalah satu kawasan pemukiman padat penduduk di kelurahan Bukit Sangkal, antara kecamatan Sako dan kecamatan Kalidoni Kota Palembang, yang baru didirikan tahun 2000 dan dioperasionalisasikan tahun 2002. Rumah Sakit Ibu dan Anak Azzahra Palembang terletak di Jln. Brigjen H. Hasan Kasim No. 1-2. Bukit Sangkal Palembang, dengan luas wilayan kurang lebih 4000 m2, dengan memiliki batas ;

Batas utara          : Rumah Penduduk.

Batas timur          : Rumah Penduduk

Batas selatan       : Rumah Penduduk.

Batas barat          : Jln. Jendral Bigjen Hasan Kasim.

Kondisi kependudukan dan lingkungan yang semakin padat, dengan tingkat kepadatan pendduk di daerah kecamatan Sako dan Kalidoni yang tinggi serta luas wilayah lebih dari 60 Km2 dan jarak untuk mencapai rumah sakit terdekat lebih dari 18 Km, mengakibatkan penduduk setempat mencari pelayanan kesehatan alternative.

Saat ini Rumah Sakit Ibu dan Anak Azzahra menyiapkan menyiapkan 33 tempat tidur yang terdiri dari Kamar Utama, Kamar Kelas I, Kamar Kelas II, dan Kamar Kelas III. Disamping itu 1 kamar bersalin dengan 2 unit tempat persalinan, 1 kamar bayi, 1 kamar tindakan, 1 kamar periksa, satu kamar pra operasi, 1 kamar bedah, 1 kamar pulih untuk 3 pasien, unit gawat darurat serta front office yang ramah melengkapi rumah sakit ini. Adapun kegiatan pelayanan terdiri dari :

Kegiatan Pelayanan

  1. Pelayanan Rawat jalan / Poliklinik.
  2. Pelayanan Gawat Darurat Kebidanan dan Penyakit Kandungan
  3. Pelayanan kamar bedah / operasi
  4. Pelayanan penunjang medis
  5. Pelayanan unggulan

 

RSIA Azzahra dipimpin oleh seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, yang dibantu oleh CEO, yang mengkoordinasi semua kegiatan dari bagian Administrasi, bagian Pelayanan Medik serta bagian Sarana dan Prasarana.

Motto kami adalah  “Your Health  is Our Concern”