USG 4D

USG atau Ultrasonografi dalam dunia kedokteran memang bukan barang baru. Kini RSIA Azzahra telah hadir dengan salah satu keunggulannya yaitu USG 4 Dimensi. Sebetulnya USG 4 Dimensi ini hanya istilah untuk USG 3 dimensi yang dapat bergerak (live 3D). Kalau gambar yang diambil dari USG 3 Dimensi statis, sementara pada USG 4 Dimensi, gambar janinnya dapat “bergerak”. Jadi pasien dapat melihat lebih jelas dan membayangkan keadaan janin di dalam rahim.

Dengan Ultrasonografi 4D, akan sangat membantu dokter untuk meningkatkan kualitas diagnose yang hasilnya gambaran hidup bayi yang belum lahir serta gambaran anatomi tubuh janin.

Keuntungan USG 4 Dimensi adalah gambar lebih jelas dan mudah dimengerti, pemantauan perkembangan dan bentuk janin dapat dilakukan lebih baik karena janin terlihat seperti bayi yang sudah lahir. Deteksi suatu kelainan dapat lebih cepat ditemukan, sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan terarah.

Melakukan USG 4 Dimensi tidak membutuhkan persiapan khusus, karena alat ini aman dan tidak invasife. Meski demikian disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter jika ingin melakukan pemeriksaan ini.

Manfaat Lain USG 4 Dimensi diantaranya dapat menentukan umur janin, melihat letak plasenta, menentukan kelainan pada kehamilan, mendeteksi tumor ovarium, dan mendeteksi kelainan pada thyroid, payudara, hati, kandung empedu, pankreas, limpa, ginjal, kandung kemih, prostat, dan lain-lain yang pastinya lebih bisa terdeteksi dengan jelas melalui USG 4 Dimensi ini.

 

dr. H. M. Zailani, Sp. OG memakai alat GE Voluson 730 Pro 4D  untuk melakukan pemeriksaan kondisi janin dengan USG 4 Dimensi di Poliklinik RSIA Az-Zahra dan klinik Reproduksi di Komplek Rukan PTC Mall.

Sedangkan dr Kurniawan, Sp. OG dan dr Adrianto, Sp. OG menggunakan alat Medison 4D di RSIA Az-Zahra untuk melakukan pemeriksaan kondisi Janin dengan USD 4 Dimensi.